Selamat Datang di
Panduan Blog Tips dan Trik, membuat kode dan aplikasi kode, solusi optimalis blog
Kotak Status CongCot
Admin : Bang Jack or Jacky
Blogger From : Jawa Barat Indonesia
Status Now : Terjadwal

Jumat, 27 Agustus 2010

Beberapa Kode b:if cond= Untuk Mengatur Tampilan Blog Anda


Mendapatkan pertanyaan dari sahabat blogger tentang blog ini merupakan masalah yang harus dijawab dengan sangat seksama. Kurang lebih seperti ini. Perhatikan kotak pencarian blog ini. Perbedaannya jelas antara pertama masuk frontpage atau halaman pertama dengan ketika masuk kepada sebuah posting.
Kemudian perhatikan artikel terkait disamping kanan yang judulnya silahkan baca juga, hanya muncul ketika kita membaca posting saja.
Pertanyaannya, Apakah yang mengatur tampilan ini?
jawabannya adalah kode logika atau if. Dan dalam blog ini mungkin kita akan menambahkan sedikit kode sehingga menjadi b:if cond=, dalam artian, jika kondisi...

Macam...
Ada banyak macam yang bisa digunakan dalam kode ini, namun saya hanya akan memberikan beberapa kode saja, dan anda sendiri dapat mengembangkannya.:

1.<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> ... </b:if>
Kode ini berfungsi agar tampilan hanya pada homepage atau halaman utama saja. Contohnya ada pada blog ini yaitu kotak pencariannya.

2.<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> ... </b:if>
kode ini berfungsi agar tampilan ada pada homepage dan label atau  kategori post. Contoh yang jelas di blog ini adalah kata-kata read more, dan juga panjang lebar kotak posting yang lebih kecil.

3.<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> ... </b:if>
Kode ini berfungsi agar tampilan hanya ada ketika kita membaca posting blog saja. Contoh yang paling sederhana adalah kotak komentar yang terdapat dibawah posting. (kode ini kebalikan dari kode ke 2)

4.<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'> ... </b:if>
Kode ini berfungsi agar tampilan ada pada kategori atau label dan posting. Contohnya kebetulan saya tidak memakainya. :). Fungsi ini kebalikan dari kode ke 1.

5.<b:if cond='data:blog.url == &quot;url postingnya disini&quot;'> ... </b:if>
Kode ini berfungsi agar tampilan ada ketika kita membaca posting tertentu. Anda tinggal mengganti kata yang bercetak tebal dengan url posting anda.

Jika bermaksud ingin menghilangkanya sesuai kode diatas (sebaliknya dari kode diatas), anda tinggal mengganti == dengan !=

Penerapan...
Contoh penerapannya silahkan lihat di pembuatan readmore (kode nomor ke 2)

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<div expr:id='"summary" + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb("summary<data:post.id/>");</script>
<span class='rmlink' style='float:left'><a expr:href='data:post.url'>READ MORE - <data:post.title/></a></span>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/></b:if>

Intinya...
Dengan tampilan yang kita variasikan, tentu akan sangat berpengaruh kepada pengunjung walaupun hanya sebagian kecil. Tapi menurut saya tampilan juga itu sangat berpengaruh kepada maju dan tidaknya blog.
Silahkan tinggalkan jejak kunjungan anda dengan berkomentar. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting. Terima kasih.

25 komentar:

miu mengatakan...

pantes bos, jadi gini ya
hehe

Islamic.Net mengatakan...

goog posting...

Ka Damar mengatakan...

aku udah simpen kodenya ^^

tuker link y sama http://baca-manga-indonesia.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

loh komengku kok ilang ta.....siip mas ternyata bif sangat beragam good luck yo

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola mengatakan...

makasih infonya sob..berguna banget buat saya yg newbie ini..!!

rizal mengatakan...

duh mantap banget penjelasannya...
kayaknya aku harus berguru disini...

bunguran mengatakan...

ternyata banyak mistreri di blogspot ya...

kalau saya pake wp tinggal ikutin aja

Fajri Tkj mengatakan...

nice info..
kapan sob bisa bahas cara buat readmore kayak di blog ini ?
ane mau dong sob...

penghuni60 mengatakan...

BETUL BGT SETUJU...
tampilan itu penting bgt!

Science Box mengatakan...

mksh ya, udh dishare, aku jd tau nih...

Koko Bota mengatakan...

nice blog kangh...salam knl ya...

SISWA TKJ mengatakan...

trik bagus nih sobat...
sukses slalu ya...

Rumah Imajinasi mengatakan...

thx infonya sob...
nice post...
jangan lupa mampir..

iphud mengatakan...

mangtabs mas... :D saya baru pake ini :D

just4drummer mengatakan...

trima kasih infonya bung..!!!
sangat bermanfaat...

wati mastur mengatakan...

saya sangat senang dapat free ilmu2 dari mas
tinggal saya yng ingin praktekkan dulu..

Cewek Cantik Cewek Hot X Ya mengatakan...

Agan yang satu ini benar2 mantap, gak ada bosennya Berbagi Ilmu, Makasih Gan Artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang otak atik tampilan Blog. Tampilan Blog Agan Keren banget, simple dan Rapih.

Mohon bantuannya review Blog baru saya Ya Gan yang lagi saya Otak-atik nih, Mampir ke sini Ya Gan http://janganbugil.co.cc

Mohon bantuannya Reviewnya dari Agan Master…

anak smpi mengatakan...

aku suka tampilan blog ini simpel dan ringan

Indra G mengatakan...

bagus sekali buat saya yang pemula thx

Journalist Blog's mengatakan...

Saya Mau Menghapus Semua Fitur Yang Ada Di Blogger
Tapi Ko Ga Bisa Di Hapus Yah
Salah Satunya Script Komentar , ADS , Sharing Button, Star, Dan Lain Lain
Ada Yang Bisa bantu

karuhun mengatakan...

Ane dah nyoba gan... hasilnya keren, sidebar juga bisa ngilang saat masuk halaman postingan... thanks gan...

Nurul Imam mengatakan...

Untuk Conditional tag Label gmana ?

CongCot mengatakan...

maksudnya gmna yaaa...?

Kerudung Paris Polos mengatakan...

Artikel nya bagus bos, kebetulan ini yang lagi saya cari..

Sedot WC Jakarta mengatakan...

lengkap sekali penjelasannya
terima kasih atas ulasannya

Bagaimana menurut Anda?